Ulasan Sedikit Mengenai Teknik Pantai

Diposting oleh Irsan Haeruddin on Rabu, 17 Oktober 2012





Teknik pantai merupakan cabang dari Teknik Sipil yang bersandar pada ilmu kelautan (oceanography), meteorology, mekanika fluida, elektronika, mekanika struktur, geologi dan morfologi, matematika dan statistic, computer, mekanika tanah dan mekanika bahan. Teknik panta mempunyai aplikasi di daerah pantai, seperti penanggulangan masalah erosi pantai dengan membuat bangunan-bangunan pantai, penanggulangan endapan di muara sungai dan alur pelayaran serta kolam pelabuhan, pembangunan pelabuhan, dan sebagainya.

                Bidang studi teknik pantai meliputi kegiatan-kegiatan berikut ini. 
1.      Perencanaan berbagai bangunan pantai seperti pemecah gelombang, jetti, groin, dinding pantai, revetment, dan sebagainya. 
2.      Pengendalian erosi pantai dengan pembuatan bangunan pantai dan melakukan penambahan sedimen di pantai. 
3.    Stabilisasi muara sungai dengan melakukan pengerukan dan pembuatan bangunan. 
4.      Peramalan arus dan elevasi muka air di estuary dan muara sungai serta pengaruhnya pada kualitas air, gerak sedimen, pelayaran, dan sebagainya. 
5.     Perencanaan pelabuahan dan bangunan-bangunan pelengkapnya seperti pemecah gelombang, dermaga, dolphin, system penambatan, dsb. 
6.       Studi penyebaran panas dari suatu pabrik, misalnya buang air panas dari pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) atau penyebaran polutan/limbah dari pabrik. 
7.       Reklamasi daerah pantai untuk daerah industry atau pemukiman.
8.       Pengerukan perairan pelabuhan dan pembuatan material pengerukan.

Penyelesaian dari masalah-masalah teknik pantai tersebut memerlukan pengertian dari phenomena kelautan dan daerah pantai. Studi mengenai masalah-masalah teknik pantai dapat dilakukan dalam 3 kelompok yaitu studi teoritis dan matematis, studi di laboratorium, dan studi lapangan. Ketiga jenis studi tersebut akan saling mendukung dan berkaitan antara satu sama lainnya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar